Anda tahu siapa penemu bola lampu pertama kalinya?

Ketika saya ditanyai hal serupa, jawab saya tentu Thomas Alva Edison. Sesungguhnya ia hanya mengembangkan sebuah eksperimen seorang fisikawan asal Inggris Joseph Wilson Swan.

Tahun 1860, Swan melakukan percobaan bola lampunya yang pertama dengan keterbatasannya pada saat itu, dan gagal. Tahun 1880, ia melakukan kembali percobaannya dengan menggunakan teknik yang berbeda namun jauh dari kata sempurna.

Pada akhirnya Swan tidak tertarik lagi akan percobaan bola lampunya, dalam kata lain dikenal dengan give up. Mucullah Edison yang melakukan 9.955 (angka ini saya dapat dari nationalgeographic.co.id) kali percobaan bola lampu pijar yang gagal menyala dan akhirnya berhasil.

Bayangkan 9.955 kali ia gagal, bagaimana jika Anda mengalami hal seperti Edison? Di angka berapa Anda akan menyerah? Apakah sama (mungkin) seperti halnya Swan?

Hal baik yang bisa di pelajari dari Edison, ia memiliki tujuan yang jelas dan terus menerus fokus pada goalnya, tidak seperti Swan. Dan juga, tidak selalu kita bisa jadi penemu pertama seperti Swan. Kita bisa meniru langkah Edison, menjadi peniru pengembang percobaan sebelumnya. Tapi ingat, unutk menjadi peniru Anda harus lakukan dengan all out dan tentunya haruslebih nge-hits ya.

Advertisements

Film-film Anti Mainstream yang akan Membuat Semangat Kerja Anda Bangkit Kembali

Hal apa yang bisa membuat Anda semangat bekerja setiap harinya? Pasti beragam ya jawabnya.

Kalau pertanyaan itu dikembalikan ke saya, saya akan menjawab menonton film. Percaya gak percaya, saya sudah membuktikannya loh, coba deh nonton film “The Pursuit of Happyness” yang diperankan oleh Will Smith. Selesai menontonnya pasti deh langsung bergelora dan gak sabar menunggu hari Senin tiba.

Bagi yang belum pernah menonton pasti penasaran filmnya bercerita tentang apa sih. Mau diceritain atau langsung di tonton? Baiknya sih langsung di tonton biar seru kheheheheeee.

Selain film The Pursuit of Happyness masih ada juga film-film bagus yang layak tonton untuk membangkitkan semangat kerja Anda yang mulai kendor.

Forrest Gump. Film ini meceritakan tentang arti hidup, proses perjalanan hidup. Diperankan oleh Tom Hanks yang tak usah diragukan lagi aktingnya dan akan membuat Anda terinspirasi kebaikan hati seorang Forrest Gump.

3 Idiots. Anda penyuka film Bollywood? Tentunya tak melewatkan judul film ini dong. Walau film Bollywood identik dengan adegan tari dan nyanyi, difilm ini Anda akan diajak untuk terus mengejar mimpi.

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar. Berawal dari sebuah buku yang di layar lebarkan alias film dan juga based on true story. Merry Riana yang diperankan oleh Chellsea Islan akan memberi inspirasi kepada Anda bahwa hidup itu butuh perjuangan untuk dimenangkan, jangan mudah menyerah menggapai karir impian.

Kalau sudah menonton ke-3 film diatas dan semangat kerja belum mengencang kembali alias kendor, wah bisa dipastikan Anda harus ikut saran saya.